Bienvenue ami ...
Thankyou for visiting my blog. Have a good thing here. God bless you.

Monday, August 15, 2011

Peringatan Maria diangkat ke Surga - 15 Agustus 2011


Luk 1:39-56 (Bacaan Injil dari Sabtu-Minggu, 13-14 Agustus 2011.

Kidung Pujian Maria mengangkat hati semua pembaca untuk memandang Tuhan yang berpihak kepada orang-orang sederhana, rendah hati dan taat. Itulah yang disebut Maria sebagai orang yang "berbahagia", yang memancarkan sinar terangnya kepada semua bangsa. 

Maria begitu penuh Roh Kudus sehingga kehadirannya membawa daya yang menyebabkan rahim Elisabet melonjak kegirangan. Diterangi oleh rahmat Tuhan, Elisabet yang menerima visitasi Maria itu, menyebut Maria sebagai "ibu Tuhanku". Demikian juga menjadi keyakinan kita. Ia adalah ibu dari Allah Putera yang menjadi manusia. Maka bukanlah sesuatu yang berlebihan (sebagaimana dicurigai/disangsikan oleh banyak orang) jika Gereja menobatkan Maria sebagai "yang diangkat ke Surga dengan jiwa dan raganya", mengingat peran dan kedudukan Maria yang amat istimewa dalam sejarah keselamatan umat manusia. 

Ditemani oleh Maria kita ingin dikuatkan untuk tumbuh dalam kemurnian jiwa sehingga kita mampu memuliakan Tuhan selalu dengan pikiran, perkataan dan tindakan nyata sehari-hari. Semoga bersama Maria, kehadiran kita menjadi juga sarana kehadiran Allah yang menggerakkan banyak orang berkat daya Roh KudusNya. 

Bersama Maria kita juga diundang ikut ambil bagian dalam pembaharuan tata dunia, melalui perjuangan untuk melawan ketidakadilan, kemiskinan, kebodohan dan pelbagai kekerasan yang merusak tatanan masyarakat dimana kita berada. 
Bersama Maria yang diangkat ke Surga, kita tidak gentar karena Allah di pihak kita. "Allah memperhatikan dan meninggikan kerendahan hambaNya", tutur Maria. 


Maria menyertai kita selalu dengan doa-doa dan kehangatan cinta keibuannya, sehingga  kita tidak perlu sendirian dan tidak perlu kesepian untuk mengayunkan langkah kaki dalam peziarahan di bumi ini. Maria memampukan kita untuk terus berjuang dalam pembaharuan batin pribadi dan dalam upaya-upaya kita untuk semakin mewujudkan pembaharuan tata dunia.  Semoga !

No comments: